Langsung ke konten utama

Menikmati Sunset di Pintoe Langit Dahromo Dlingo Bantul

Sunset di Pintoe Langit
Dlingo adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang sedang berkembang pesat untuk faktor pariwisatanya. Banyak Spot wisata baru bermunculan didaerah Dlingo. Jika dulu kawasan ini lebih dahulu dikenal wisatawan hanya Kebun Buah Mangunan, sekarang hampir di setiap Hutan Pinus yang ada di Kecamatan Dlingo sudah berdiri beberapa tempat Wisata yang mengandalkan ke sejukan rindangnya Hutan Pinus.

Salah satunya yang terbaru adalah Pintoe Langit. Tempat wisata ini baru di buka sekitar bulan Mei 2017. Di tempat ini tidak berbeda dengan tempat wisata lainya di sekitar Hutan Pinus Mangunan Dlingo yang mengandalkan hutan pinus sebagai spot wisata.
Selain kesejukan rindangnya pohon pinus, di tempat wisata ini juga merupakan spot andalan bagi pemburu Sunset atau matahari terbenam.
Spot selfie yang ada di Wisata Pintoe Langit adalah berupa daun pintu yang dipasang, dipajang di pinggir jurang menghadap ke barat dengan view background kota Jogja.

Menikmati Sunset di Wisata Alam Pintoe Langit

Saat hari sudah mulai sore, tempat wisata ini sudah mulai ramai wisatawan yang datang untuk hanya sekedar menikmati matahari terbenam atau sunset. Biasanya mereka menghabiskan waktu disini hingga malam tiba, karena saat malam tiba, lampu-lampu kota Jogja sudah mulai hidup membuat pemandangannya terlihat indah dan romantis.
Lampu kota Jogja indah di lihat dari Pintoe Langit

Untuk menuju Lokasi ini dari pusat kota Jogja bisa melewati 2 rute akses jalan. Yaitu melewati Jalan Imogiri Timur dan Jalan Wonosari.

1. Rute jalan ke Pintoe Langit lewat jalan Imogiri Timur
Untuk menuju Tempat wisata Pintoe Langit dari pusat kota Jogja lewat Jalan Imogiri Timur, kita harus mencari dahulu Terminal Giwangan, yang berlokasi di Ring Road Selatan. Dari Terminal Giwangan kita arahkan kendaraan kita ke Jalan Imogiri Timur di sebelah selatan Terminal. dari Jalan Imogiri Timur kita melaju lurus terus sampai menemukan Pasar Imogiri, setelah melewati Pasar Imogiri, nanti beberapa langkah kedepan ada pertigaan segitiga, Jika ke Kanan ke Selopamioro dan ke Jalan Parangtritis, dan jika ke kiri ke arah Makam Raja Mataram dan arah Dlingo, Mangunan. Ambil jalan yang ke kiri sampai menemukan lapangan Imogiri yang depannya ada Alfamart. Nanti kurang lebih 100 m dari Lapangan ada pertigaan, jika lurus ke Makam Raja Mataram, dan ke Kanan ke arah Mangunan dan Dlingo. Ikuti jalan tersebut dengan rute jalan yang menanjak dan berkelok. Didalam perjalanan, kita akan melewati beberapa tempat wisata seperti Bumi Langit Resto, Watu Goyang, Wisata Watu Lawang hingga sampai di Pertigaan yang ada Tugu Mangunan. Di Tugu Mangunan ini, jika ke kanan ke arah jalan Dlingo - Playen sedang ke kiri naik nanjak ke arah Kawasan Hutan Pinus Mangunan. Dari Tugu Mangunan ini, Ikuti Jalan ke kiri ke jalan menanjak dengan nama Jl. Hutan Pinus Nganjir. Di sepanjang jalan ini nanti juga akan melewati beberapa Tempat Wisata seperti, Seribu Batu Songgo Langit dengan spot andalan Rumah Hobbit dan Rumah pohon, dan melewati Hutan Pinus Sari atau lebih terkenal dengan sebutan Hutan Pinus Mangunan dengan spot andalan Panggung Pertunjukan, selanjutnya juga melewati Hutan Pinus Asri dengan spot andalam Bikini Bottom (Rumah Spongbob). Setelah itu kita akan bertemu dengan pertigaan, jika ke kanan ke Desa Wisata Bambu Batik. sedangkan lurus menuju Patuk, Gunungkidul. Ikuti jalan yang menuju ke Patuk, nanti di jalan ini juga kita akan melewati beberapa tempat Wisata, seperti: Wisata Lintang Sewu dengan spot andalan Bintang yang menyala lampu berwarna merah, Tapak Buto, dan Rumah Tawon. Beberapa meter setelah Wisata Alam Lintang Sewu kita sudah sampai di Wisata Alam Pintoe Langit, Dahromo, Dlingo.

2. Rute jalan ke Pintoe Langit lewat jalan Wonosari
Untuk akses rute ke Tempat Wisata Alam Pintoe Langit lewat jalan Wonosari lebih simple dan mudah. Kita cukup menuju ke Ring Road Timur ke arah Jalan Wonosari. Dari Perempatan Ring Road - Jl Wonosari (Perempatan Ketandan) lurus terus ke arah Gunungkidul hingga bertemu pertigaan Lampu Merah Piyungan, jika ke kiri ke Jl. Piyungan-Prambanan, ambil lurus hingga jalan menanjak, nanti melewati Bukit Bintang yang banyak warung makan dan Hotel yang berjejer di pinggir jurang/bukit dengan view kota Jogja, dan melewati Gapuran Selamat Datang di Gunungkidul dan Taman Geo Park Gunung Sewu. Masih ikuti jalan menanjak naik hingga beberapa ratus meter jalan sudah agak landai dan ada perempatan tanpa Traffic Light (lampu Bang Jo). Perempatan ini namanya perempatan Patuk, Gunungkidul. yang disebelah kanannya ada Polsek Patuk. Ambil jalan ke Kanan ke Jl Patuk- Dlingo. Ikuti jalan tersebut hingga melewati warung makan berjejer dipinggir tebing sebelah kanan dengan View kota Jogja. Masih lurus terus sampai menemukan perempatan yang ada Pohon Beringinya. Masih Lurus terus hingga melewati Hutan Pinus Pengger di sebelah kanan jalan. Masih dijalan Patuk - Dlingo, setelah melewati Hutan Pinus Pengger, nanti masih melewati Tempat Wisata Bukit Becici. 500 m dari Bukit Becici ada pertigaan, ambil arah ke kanan. Lurus saja nanti Lokasinya di sebelah Kanan Jalan


Berikut beberapa poto hasil Jepretan dari @pesonajogja:

Spot Selfi Pintoe Langit


Spot Selfi Taman di Pintoe Langit


Selfi di Pintoe Langit Dlingo Bantul

Untuk menuju ke daerah Dlingo, khususnya ke Pintoe Langit memang jarang ada angkutan umum. Untuk Wisatawan yang berasal dari luar kota Jogja sebaiknya menyewa kendaraan bermotor. untuk menyewa motor bisa di daerah Malioboro atau stasiun Lempuyangan dengan harga sekitaran Rp. 80.000 - 100.000 per hari. Atau bisa dengan menyewa Mobil dan tour Travel pesonajogja di nomer 082292297667

Terimakasih sudah berkontribusi dalam meningkatkan pariwisata kota Jogja dan sekitarnya. Jelajahi kota Jogja, abadikan moment terindahmu, share photo dan Videmu tentang indah dan istimewanya kota Jogja di Instagram dengan mention dan Tag @pesonajogja hastag #pesonajogja


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga dan Lokasi Merapi Park The World Landmarks

Jogja memang tidak ada matinya untuk masalah wisata. Setiap tahunya kota Jogja selalu ada saja bermunculan tempat wisata baru yang mempunyai ciri khas tersendiri.
Salah satu tempat wisata baru yang wajib dikunjungi untuk berlibur di kota Jogja adalah Merapi Park.

Tempat wisata Merapi Park ini masuk kedalam Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini menyajikan Icon kota besar di beberapa Negara di Dunia. Dengan didukung nuansa alam tidak jauh dari Gunung Merapi membuat suasana seakan kita berasa benar-benar berada di tempat aslinya. Jika beruntung dengan cuaca yang bagus di pagi hari, kita bisa menyaksikan Gunung Merapi dari sini.

Untuk bisa masuk ke Merapi Park, wisatawan dikenakan harga biaya retribusi sebesar Rp. 15.000 sudah bisa berkeliling Dunia foto Selfi dengan Land Mark Dunia.

Jam Operasionalnya adalah Jam 09.00 – 16.30 Buka Setiap hari, kecuali hari Selasa, karena digunakan untuk perawatan Taman dan bunga.

Icon atau Landmark Word yang ada di Mer…

Explore Dlingo - Negeri diatas awan Kebun buah Mangunan

Dlingo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Secara geografis Dlingo terletak di Kabupaten bantul paling timur, berbatasan dengan kabupaten Gunungkidul dan wilayahnya berbukit-bukit. potensi yang ada di Kecamatan Dlingo adalah pada sektor industri kayu, anyaman, dan potensi wisata bentang alam berupa pegunungan.
Salah satu Kelurahan di Kecamatan Dlingo yang akhir-akhir ini menjadi kawasan yang sering menarik wisatawan sangat tinggi adalah Kelurahan Mangunan. Desa ini memiliki potensi agrowisata berupa kebun buah (masih dalam rintisan), kerajinan ukiran, souvenir, dan alam pedesaan yang masih alami.
Salah satu keistimewaannya adalah Gardu Pandang yang berada di kawasan Wisata Kebun Buah Mangunan. Dari atas Gardu pandang Kebun buah mangunan, pengunjung bisa melihat hamparan bukit-bukit hijau yang menjulang, dan aliran sungai Oyo, serta jembatan selopamioro.